Minggu, 01 Mei 2016

Cara Meningkatkan Trafik Kunjungan Blog dengan Cara Natural

Salah satu kendala yang sering dialami oleh seorang pemilik blog adalah tidak adanya trafik atau pengunjung. Meskipun banyak tutorial di luaran sana mengenai cara meningkatkan trafik, namun mungkin tidak semuanya bisa berjalan lancar. 

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami hal yang sama, cobalah untuk menerapkan beberapa cara meningkatkan trafik kunjungan blog dengan cara natural pada pembahasan berikut ini.

  • 1. Optimalisasi penggunaan media sosial


Media sosial bisa menjadi lahan basah bagi Anda untuk mendapatkan trafik kunjungan blog secara natural. Cobalah untuk membuat akun media sosial untuk blog Anda. Pertama-tama gunakan media sosial raksasa, seperti Facebook dan Twitter. Jika sudah gunakan juga media sosial lainnya yang sekiranya potensial untuk mendatangkan trafik.

Jika akun sudah dibuat, Anda bisa melakukan posting atau update status dengan isi berupa link ke konten blog Anda. Cobalah untuk melalukan uji coba waktu serta teknik untuk posting. Anda bisa memposting satu buah konten lebih dari sekali dengan waktu yang berbeda-beda untuk menemukan mana waktu potensial untuk memposting.


Cara Meningkatkan Trafik Kunjungan Blog


  • 2. Membuat infografis

Anda bisa membuat gambar yang berisi infografis mengenai topik yang dibahas pada konten yang ada di blog Anda. Dengan cara ini kemungkinan gambar untuk dibagikan ke media sosial dan situs lainnya lebih besar dibandingkan gambar biasa.

Namun begitu tidak semua infografis menarik. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat infografis yang benar-benar relevan, mudah dipahami, berisi informasi yang menyeluruh, unik, desain yang baik dan dibutuhkan. Anda juga bisa membubuhkan link blog pada infografis tersebut. Manakala infografis Anda banyak dibagikan dan menjadi viral, maka trafik natural akan datang, cepat atau lambat.
  • 3. Memahami pengunjung blog Anda

Sangat penting untuk mengetahui apa yang diinginkan audiens Anda, kapan Mereka online, kata kunci mana yang banyak Merek cari dan sebagainya. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa mendapatkan ptrafik pengunjung ke blog jauh lebih banyak dan lebih natural.

Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti Google Analytics atau Histats untuk menganalisa keinginan pengunjung. Contoh saja, jika konten yang paling banyak dicari pada blog Anda mengenai mobil BMW, maka Anda bisa membuat konten yang lebih mikro, seperti onderdil BMW, jenis-jenisnya, cara merawatnya dan lain sebagainya.

  • 4. Analisa kata kunci

Tidak dapat dipungkiri, mesin pencari, semisal Google merupakan salah satu sumber utama trafik pengunjung bagi sebuah blog. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapatkan trafik yang natural, maka segeralah melakukan optimalisasi mesin pencari. Salah satu caranya adalah dengan mengnalisa kata kunci yang sering dicari di mesin pencari. Anda dapat menggunakan Google Planner ataupun SEMRush untuk melakukan analisa lebih dalam.

  • 5. Menawarkan keahlian dan membantu yang lain

Satu lagi cara meningkatkan trafik kunjungan blog dengan cara natural yang dapat Anda terapkan adalah dengan menawarkan keahlian. Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari situs berbagi tanya-jawab, seperti Yahoo Answer, Reddit ataupun Quora sembari membubuhkan link ke konten blog Anda yang relevan dengan pertanyaan. Ada dua keuntungan setidaknya yang bisa Anda dapatkan. Yang pertama adalah kunjungan natural dari manusia dan yang kedua dari robot mesin pencari yang akan menilai link tersebut sebagai backlink.

Baca juga : jasa backlink murah

  • 6. Tambahkan newslatter

Anda bisa menggunakan fitur newslatter untuk blog agar pengunjung loyal bisa terus datang ke blog Anda. Pada umumnya newslatter bekerja dengan cara pengunjung memasukkan email Mereka. Nantinya secara otomatis ataupun manual konten terbaru pada blog Anda akan dikirm ke email Mereka. Semakin berkualitas dan dibutuhkannya konten Anda, maka trafik pengunjung akan semakin tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar